ENTREPRENEURSHIP
Disusun Oleh :
Fertiana Rahmayani (1114****)
Linda Priyanti (1114****)
Sulastri (1114****)
Kelas : 11.2A.30
Dosen Pembimbing : Yulia S.E
REMPEYEK
BERBAGAI RASA
ALA
SULYANDA
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA &
KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA
PONTIANAK
2015
Kata pengantar
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana telah
senantiasa memberikan Rahmat dan Hinayah-Nya berupa kemudahan dan kelancaran serta
petunjuk-Nya, sehingga
kami dapat menyelesaikan Tugas Makalah yang berjudul “REMPEYEK
BERBAGAI RASA ALA SULYANDA”.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata
Kuliah Entrepreneurship.
Makalah ini juga bertujuan
untuk mengetahui tentang bagaimana
cara kami membuat usaha ini dan menjalankannya.
Beribu-ribu ucapan terima
kasih kami haturkan kepada dosen Entrepreneurship, Ibu Yulia S.E yang telah membimbing kami. Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu kami
dalam menyelesaikan Tugas Makalah ini. Kami
menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sebuah kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua
pihak Pembaca yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
Makalah ini. Semoga Allah SWT
selalu meridhai semua usaha kita.
Amin…
Akhir kata, kami selaku Penulis
mengucapkan terima kasih, dan permintaan maaf yang
sebesar-besarnya jika ada kesalahan
dalam penulisan Makalah ini.
Penyusun
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................................. ii
DAFTAR
ISI .............................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan
1. Nama
dan Alamat Pemilik .........................................................................1
2. Informasi
Tentang Bisnis
Yang
Akan Dijalankan ................................................................................1
BAB II Rangkuman Eksekutif
1. Rangkuman
Eksekutif
............................................................................................2
BABII
Analisis Industri
1. Persepktif
Masa Depan
..........................................................................................3
2. Persaingan
..................................................................................................................3
3. Segmentasi
Pasar
Yang
Akan Dimasuki
.............................................................................................4
BAB IV
Deskripsi Usaha
1. Produk
................................................................................
........................................5
2. Manajemen
................................................................................................................5
3. Jasa
Pelayanan
..........................................................................................................6
BAB V
Rencana Produksi
1. Sumber
Bahan Baku ...............................................................................................7
2. Perlengkapan
............................................................................................................8
3. Proses
Produksi
........................................................................................................9
BAB VI
Rencana Pemasaran
1. Penetapan
Harga
....................................................................................................10
2. Pelaksanaan
Distribusi
.........................................................................................10
3. Promosi
................................................................................
......................................10
4. Pengembangan
Produk
........................................................................................
12
BAB VII
Resiko Usaha
1. Resiko
Usaha
.............................................................................................................13
BAB VII
Perencanaan Permodalan
1. Penyeksi
Aliran Kas ................................................................................................14
a.
Biaya Operasional
.............................................................................................14
b.
Pendapatan ..........................................................................................................14
c. Laba
Bersih
..........................................................................................................15
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Usaha : Rempeyek Melasau ala Sulyanda
Jenis
Usaha : Makanan Ringan
Alamat : Rasau Jaya Umum
Kota Baru
B.
Informasi Tentang Bisnis yang Akan
Dijalankan
Usaha
yang kami jalani ini adalah sebuah usaha skala rumahan yang bergerak dalam
bidang makanan, yaitu makanan ringan. Makanan ringan yang kami buat tidak hanya
itu-itu saja, melainkan kami kreasikan sesuai dengan pemikiran kami agar makanan
ringan ini menjadi lebih menarik untuk para konsumen.
Jenis
usaha ini adalah jenis usaha yang kreatif karena tidak membutuhkan banyak
modal, cukup bermodalkan sedikit keahlian dalam memasak. Kami memulai usaha ini
dengan modak yang dikumpulkan dari setiap anggota usaha yaitu 3 orang. Usaha
ini kami produksi sendiri tanpa menggunakan mesin ataupun alat modern lainnya.
Oleh karena itu, produk kami ini merupakan sebuah usaha yang murah tetapi tidak
murahan bagi pengusaha pemula seperti kami.
Maksud
dan tujuan kami mendirikan usaha ini, adalah sebagai berikut :
1. Ikut
serta berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2. Menyediakan
kebutuhan makanan ringan yang sulit dicari.
3. Menciptakan
lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.
4. Menjalin
ikatan pekerja sebagai TEAMWORK.
5. Mendapatkan
keuntungan untuk menambah perekonomian diri sendiri.
Untuk awal usaha kami akan memfokuskan pada produksi
rempeyek balado dan rempeyek original.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
Kebutuhan makanan
merupakan kebutuhan dasar untuk setiap manusia, itu adalah salah satu alasan mengapa
usaha makanan selalu menjanjikan. Terutama makanan ringan. Peluang usaha ini
dapat dijalankan dengan modal yang kecil, keberadaan makanan ringan tidak dapat
dipandang sebelah mata. Karena meskipun ringan makanannya namun keuntungannya
cukup berbobot. Meskipun begitu usaha ini juga dapat berkembang dengan pesat.
Makanan ringan bisa
berupa snack, keripik, kerupuk, dan lainnya. Tapi kali ini kami mencoba membuat
salah satu dari makanan ringan itu, yaitu rempeyek melasau ala sulyanda, atau
rempeyek berbagai rasa. Rempeyek pada umumnya hanya mengandalkan rasa alami
dari rempeyek tersebut, tapi untuk kali ini kami membuat rempeyek dengan
berbagai rasa, seperti rempeyek bumbu balado yang telah kami coba dalam pembuatannya.
Meski usaha ini termasuk dalam skala rumahan tetapi banyak usaha rumahan yang
menjadi besar. Apalagi jenis makanan ringan kami belum pernah ditemukan
dimanapun.
Peminat makanan ringan
ini yaitu semua elemen, baik dari kalangan yang mampu maupun yang kurang mampu,
tua atau muda, serta pria ataupun wanita. Sehingga kami sebagai salah satu
produsen makanan ringan akan selalu berinovasi dan berkreasi setiap waktu untuk
membuat bisnis makanan ringan kami menjadi lebih berkembang.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
A.
Perspektif Masa Depan
Usaha
kami adalah usaha makanan ringan, jadi dalam jangka waktu yang lama kami yakin
usaha kami akan tetap berjalan dengan lancar serta maju. Karena kebutuhan dan
permintaan akan makanan ringan dikalangan masyarakat sangat tinggi. Maka kami
akan berusaha untuk memberikan yang terbaik atas produk kami. Kami pun berharap
usaha kami ini terus berkembang hingga kemasa depan.
B.
Persaingan
Di
Pontianak pasti banyak yang menjual rempeyek, tetapi hanya rempeyek yang pada umumya.
Yang membedakan rempeyek buatan kami dengan buatan produsen lainnya adalah
dirasanya. Jika produsen lain hanya membuat rempeyek yang rasanya asli, tetapi
rempeyek buatan kami ada berbagai jenis pilihan rasa. Mungkin kami akan merasa
tersaingi karena kami sebagai pengusaha pemula dalam bidang makanan ringan.
Tetapi kami akan terus berkreasi dan berinovasi agar persaingan tidak mendekat
kepada diri kami.
Adapun
persaingan dari produk kami adalah para pengusaha yang bergerak dibidang yang
sama yaitu rempeyek, terutama para pengusaha yang sudah mampu menarik perhatian
para konsumen. Oleh karena itu, untuk menekan persaingan yang berat, kami harus
bisa memproduksi sebuah produk yang lebih menarik dan berkualitas. Dan kami
yakin, kami bisa mengatasi persaingan ini.
C.
Segmentasi Pasar Yang Akan Dimasuki
Paramenter
keberhasilan dalam berbisnis salah satunya ditentukan oleh segmentasi dan
target pasar yang baik. Salah satu dimensi yang dipandang memiliki peranan
utama dalam menentukan segmentasi pasar adalah variabel-variabel yang
terkandung dalam segmentasi itu sendiri.
a. Geografi
Kebanyakan produk-produk makanan
ringan cocok untuk seluruh daerah di Indonesia. Apalagi untuk cemilan sambil
nonton tv atau bersantai. Produk ini cocok bagi segala keadaan geografis, dan
banyak dikonsumsi disemua kalangan.
b. Demografi
Produk kami ini memilih segmentasi
pasar pada semua usia kecuali bayi/balita yang belum bisa mengunyah makanan
dengan sempurna tetapi lebih kepada usia remaja. Dimana usia remaja ini sering
melakukan pertemuan atau hanya sekedar ngumpul-ngumpul saja. Mereka akan
ngobrol sambil makan beberapa makanan ringan. Dengan rempeyek kami ini sangat
cocok untuk hal seperti itu.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
A.
Produk
Produk
yang kami buat ini merupakan makanan ringan, berupa rempeyek kacang tanah
dengan berbagai jenis rasa. Mayoritas orang pecinta keripik sangat menyukai
jenis makanan yang satu ini. Tetapi kebanyakan dari mereka mengatakan pembuatan
rempeyek ini begitu sulit. Memang jika dilihat dari resepnya, bumbu-bumbu yang
digunakan sangat banyak ditemukan dipasaran mana saja. Namun sebenarnya tidak
susah didapat karena semuanya merupakan bumbu-bumbu dapur standar saja. Hanya
saja sedikit rumit adalah menjaga adonan yang digoreng dapat setipis mungkin.
Adonan yang tebal saat digoreng mungkin tidak matang bagian tengahnya.
Harga produk kami ini murah tetapi tidak
murahan, karena harga yang kami tawarkan sangat sesuai dengan kantng mahasiswa.
Dan murah juga bagi para konsumen tentunya.
B.
Manajemen
Dalam
pengembangan produk ini, kami hanya bertiga. Jadi manajemen kami susun
bersama-sama. Adapun bagian-bagiannya, yaitu sebagai berikut :
1. Pembuat
Produk :
Fertiana Rahmayani
2. Penanggung
Jawab Pemasaran : Sulastri
3. Penanggung
Jawab Produksi : Linda
Priyanti
C.
Jasa Pelayanan
Kami
menjual produk ini ditoko-toko/rumah makan. Karena kami belum memiliki tempat
usaha untuk menjualkan produk kami, jika ingin menyewa sebuah tempat modal yang
kami miliki belum cukup seutuhnya. Maka dari itu kami mengumpulkan keuntungan
dari produk yang kami jual untuk menyewa ataupun membuat tempat untuk membuka
usaha rumahan kami ini.
Kami
juga menerima keluhan dari konsumen, seperti rempeyek yang sudah melempem,
rempeyek yang hancur ataupun rempeyek yang tidak renyah, kami akan menggantinya
gratis tapi jika itu semua murni kesalahan dari kami. Dan apabila ada konsumen
yang ingin memesan dalam stok banyak, kami akan datang langsung kerumah
konsumen tersebut dan mengantarkan sendiri pesanannya.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.
Sumber Bahan Baku
Sumber bahan baku kami sangat mudah ditemukan di
pasaran mana saja, terutama didaerah kami sendiri. Sehingga kami tidak akan
sulit mencari bahan baku untuk pengolahan produk kami. Bahan
membuat rempeyek untuk satu kali produksi.
a. Bahan
yang dihaluskan
1. Bawang
putih 7 siung
2. Daun
jeruk purut sesuai selera
3. Kencur
9 buah (untuk ukuran kecil)
4. Kemiri
7 buah
5. Sahang
secukupnya
6. Ketumbar
secukupnya
b. Bahan
yang dicampurkan
1. Tepung
beras 1 bks
2. Tepung
kanji secukupnya
3. Air
kapur secukupnya
4. Telur
2 butir
5. Air
secukupnya
6. Kacang
tanah 250 gram
7. Garam
secukupnya
c. Bahan
untuk menggoreng
1. Minyak
goreng 1 kilogram
d. Bahan
untuk membumbui
Bumbu balado secukupnya
B.
Perlengkapan
Perlengkapan
yang digunakan dalam pembuatan rempeyek adalah sebagai berikut :
1. Baskom
2. Ulekan/tumbukan/cobek
3. Pisau
4. Wajan/kuali
besar
5. Peniris
gorengan
6. Penggorengan
7. Penjepit
gorengan
8. Kompor
9. Gas
10. Nampan
besar
11. Palstik
Ukuran 10 x 20 cm
C.
Proses Produksi
Cara
membuat rempeyek berbagai rasa:
1.
Haluskan sahang dan ketumbar terlebih
dahulu, jika sudah halus dilanjutkan dengan bawang putih, daun jeruk purut,
kemiri dan kencur hingga semua halus.
2.
Campurkan tepung beras, tepung kanji,
telur, air kapur, air, dan bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercampur rata.
3.
Jangan diberi garam ataupun penyedap
rasa lainnya.
4.
Masukkan sebagian kacang tanah kedalam
adonan rempeyek, sisakan sedikit kacang tanah untuk ditambahkan saat kita
menggorengnya.
5.
Panaskan minyak goreng.
6.
Masukkan setiap satu sendok kedalam
wajan saat menggorengnya, usahakan rempeyek tidak terlalu tebal dan tidak
terlalu tipis.
7.
Jika sudah cukup, tambahkan balado untuk
rempeyek yang sudah selesai digoreng dan ditiriskan.
8.
Setelah merasa cukup untuk membuat
rempeyek balado, barulah kita bisa menambahkan garam dan penyedap rasa untuk menambahkan rasa pada
rempyek agar rempeyek terasa seperti rempeyek pada umumnya.
9.
Goreng seperti tadi, tetapi tidak
ditambahkan balado. Karena rempeyek yang digoreng sudah ada rasanya. Jadi cukup
ditiriskan saja.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
Penetapan Harga
Kami
memberi harga untuk satu bungkus rempeyek yang dibungkus dengan plastik ukuran
10 x 20 cm dengan harga Rp, 3.000. Dalam satu minggu dua kali produksi sebanyak
80 bungkus. Jika diproduksi 8 kali dalam
1 bulan akan menghasilkan 320 bungkus.
B.
Pelaksanaan Distribusi
Jenis
makanan ringan ini memiliki dua sistem distribusi yaitu distribusi tak langsung
dan distribusi langsung. Disebut distribusi langsung karena kami langsung
mengantarkan pesanan produk ke konsumen. Adapun juga sistem distribusi tak
langsung adalah penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen
melalui perantara.
Beberapa
perantara yang terlibat alam kegiatan jual beli ini, seperti pedagang, agen,
makelar, dan komisioner. Seperti halnya dengan usaha rempeyek kami ini, kami
menjual produk ini melalui perantara. Dengan menitipkan produk kami pada
toko-toko ataupun rumah makan.
C.
Promosi
Promosi
yang kami lakukan dengan beberapa cara yaitu, via online, brosur, dan
mendatangi konsumen, menjual ditoko-toko.
a. Via
Online
Pemasaran via online bisa dilakukan
dimedia social, seperti BBM, Facebook, Twitter, Blog dan Website.
b. Brosur
Kami bisa memberikan brosur dalam
kemasan rempeyek kami, sehingga mereka akan bisa memesan langsung kepada kami.
Berikut contoh brosur yang
sudah kami design khusus untuk usaha
kami
c. Mendatangi
Konsumen
Kami akan memberi kesempatan pada
konsumen untuk mencoba produk yang kami buat. Jika mereka tertarik mereka pasti
akan membeli produk kami, apalagi produk kami sangat jarang dijual.
d. Menjual
Ditoko-toko
Biasanya ditoko atau dirumah makan,
tidak pernah luput dengan makanan ringan. Maka dari itu kami akan mencoba
menitipkan produk kami ditoko atau rumah makan.
D.
Pengembangan Produk
Sebagai
pengusaha kami harus mampu terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari
produk yang kami kembangkan. Kami akan terus berusaha untuk berkreasi dan terus berinovasi dengan produk yang kami
kembangkan saat ini. Untuk selanjutnya kami akan mengkreasikan rempeyek ini
menjadi berbagai macam jenis dan berbagai pilihan rasa.
Produk
makanan ringan kami juga bisa dijadikan sebagai jamuan khas lebaran yang
simple, jadi kami bisa menerima pesanan
lebaran untuk konsumen jika ada yang memesan produk kami saat dibulan
puasa untuk dijadikan sebagai jamuan lebaran. Dengan rempeyek berbagai rasa
yang khas pasti sedikit banyaknya akan ada konsumen yang tertarik dengan produk
kami.
Tidak
hanya kacang tanah, rempeyek ini juga bisa dikombinasikan dengan kacang
kedelai, kacang hijau, bayam, dan lain sebagainya.
BAB VII
RESIKO USAHA
Usaha yang kami buat
ini tentu saja memiliki kelemahannya, karena segala sesuatu pasti memiliki
resiko yang harus ditanggung. Tergantung bagaimana kita mengatasinya. Rempeyek
ini begitu renyah dan gurih, maka dari itu kami harus menjaga kerenyahan
rempeyek kami agar tidak mudah hancur. Jika mengantarkan pesanan kami harus
membawanya dengan hati-hati. Karena makanan ringan ini rentan sekali hancur.
Itulah yang menjadi kelemahan diusaha bisnis yang kami kembangkan.
Begitu
juga dengan kegurihannya, kami juga harus menjaga rempeyek tersebut harus tetap
gurih dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu kami harus menjaga
kemasannya agar rempeyek tidak akan melempem.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
A.
Penyeksi Aliran Kas
1. Biaya
Operasional
Ø Tepung
Beras (1 bks) :
Rp. 6.500
Ø Tepung
kanji/tapioka (1 ons) :
Rp. 2.000
Ø Minyak
Goreng (1 kg) : Rp. 11.000
Ø Kacang
Tanah (250 gr) : Rp. 5.500
Ø Bawang
putih (1 ons) :
Rp. 3.000
Ø Telur
(2 btr) :
Rp. 2.700
Ø Bumbu
Balado :
Rp. 6.000
Ø Garam
(1bks) :
Rp. 1.000
Ø Kemiri :
Rp. 2.000
Ø Kencur :
Rp. 1.000
Ø Sahang :
Rp. 2.000
Ø Ketumba r :
Rp. 500
Ø Kapur :
Rp. 500
Ø Daun
jeruk purut :
Rp. 500
Ø Gas
(20.000 : 8 hari) :
Rp. 2.500
Ø Plastik
(ukr 10 x 20 cm) :
Rp. 7.000
Ø Brosur
(100 lmb) :
Rp. 60.000
Jumlah : Rp. 111.000
2. Pendapatan
Perbulan
Produksi 2 kali dalam 1 minggu = 80
bks x 3.000 = Rp. 240.000
Produksi 8 kali dalam 1 bulan = 320
bks x 3.000 = Rp. 960.000
Jumlah pendapatan perbulan =
Rp. 960.000
3. Laba
Bersih
Laba Bersih = Pendapatan – By. Operasional
=
Rp. 960.000 – Rp. 111.000
TOTAL
LABA / bulan =
Rp. 849.000
Ditulis Oleh : Unknown

Tiada ulasan:
Catat Ulasan