Makalah Entrepreneur



ENTREPRENEURSHIP



Disusun Oleh :

Fertiana Rahmayani (1114****)
Linda Priyanti (1114****)
Sulastri (1114****)


Kelas : 11.2A.30

Dosen Pembimbing : Yulia S.E

REMPEYEK BERBAGAI RASA
ALA SULYANDA


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA
PONTIANAK
2015


Kata pengantar

            Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana telah  senantiasa memberikan Rahmat dan Hinayah-Nya berupa kemudahan dan kelancaran serta petunjuk-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Tugas Makalah  yang  berjudul  REMPEYEK BERBAGAI RASA ALA SULYANDA.  Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Entrepreneurship.  Makalah ini  juga bertujuan untuk  mengetahui tentang bagaimana cara kami membuat usaha ini dan menjalankannya.
            Beribu-ribu ucapan  terima kasih kami haturkan kepada dosen Entrepreneurship, Ibu Yulia S.E yang telah membimbing kami. Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan Tugas Makalah ini.  Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sebuah kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak Pembaca yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan Makalah ini. Semoga Allah SWT selalu meridhai semua usaha kita.
 Amin
Akhir kata, kami selaku Penulis mengucapkan terima kasih,  dan permintaan maaf yang sebesar-besarnya  jika ada kesalahan dalam penulisan Makalah ini.

Penyusun


Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................................. ii
DAFTAR ISI   .............................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan
1.      Nama dan Alamat Pemilik  .........................................................................1
2.      Informasi Tentang Bisnis
Yang Akan Dijalankan ................................................................................1
BAB II Rangkuman Eksekutif
1.      Rangkuman Eksekutif  ............................................................................................2
BABII Analisis Industri
1.      Persepktif Masa Depan  ..........................................................................................3
2.      Persaingan  ..................................................................................................................3
3.      Segmentasi Pasar
Yang Akan Dimasuki  .............................................................................................4
BAB IV Deskripsi Usaha
1.      Produk  ................................................................................ ........................................5
2.      Manajemen  ................................................................................................................5
3.      Jasa Pelayanan  ..........................................................................................................6
BAB V Rencana Produksi
1.      Sumber Bahan Baku  ...............................................................................................7
2.      Perlengkapan  ............................................................................................................8
3.      Proses Produksi  ........................................................................................................9
BAB VI Rencana Pemasaran
1.      Penetapan Harga  ....................................................................................................10
2.      Pelaksanaan Distribusi  .........................................................................................10
3.      Promosi  ................................................................................ ......................................10
4.      Pengembangan Produk  ........................................................................................ 12
BAB VII Resiko Usaha
1.      Resiko Usaha  .............................................................................................................13
BAB VII Perencanaan Permodalan
1.      Penyeksi Aliran Kas  ................................................................................................14
a.       Biaya Operasional .............................................................................................14
b.       Pendapatan ..........................................................................................................14
c.       Laba Bersih ..........................................................................................................15



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Nama dan Alamat Pemilik

Nama Usaha    : Rempeyek Melasau ala Sulyanda
Jenis Usaha     : Makanan Ringan
Alamat                        : Rasau Jaya Umum
                          Kota Baru

B.     Informasi Tentang Bisnis yang Akan Dijalankan

Usaha yang kami jalani ini adalah sebuah usaha skala rumahan yang bergerak dalam bidang makanan, yaitu makanan ringan. Makanan ringan yang kami buat tidak hanya itu-itu saja, melainkan kami kreasikan sesuai dengan pemikiran kami agar makanan ringan ini menjadi lebih menarik untuk para konsumen.
Jenis usaha ini adalah jenis usaha yang kreatif karena tidak membutuhkan banyak modal, cukup bermodalkan sedikit keahlian dalam memasak. Kami memulai usaha ini dengan modak yang dikumpulkan dari setiap anggota usaha yaitu 3 orang. Usaha ini kami produksi sendiri tanpa menggunakan mesin ataupun alat modern lainnya. Oleh karena itu, produk kami ini merupakan sebuah usaha yang murah tetapi tidak murahan bagi pengusaha pemula seperti kami.
Maksud dan tujuan kami mendirikan usaha ini, adalah sebagai berikut :
1.      Ikut serta berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.      Menyediakan kebutuhan makanan ringan yang sulit dicari.
3.      Menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.
4.      Menjalin ikatan pekerja sebagai TEAMWORK.
5.      Mendapatkan keuntungan untuk menambah perekonomian diri sendiri.
Untuk awal usaha kami akan memfokuskan pada produksi rempeyek balado dan rempeyek original.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

Kebutuhan makanan merupakan kebutuhan dasar untuk setiap manusia, itu adalah salah satu alasan mengapa usaha makanan selalu menjanjikan. Terutama makanan ringan. Peluang usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang kecil, keberadaan makanan ringan tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena meskipun ringan makanannya namun keuntungannya cukup berbobot. Meskipun begitu usaha ini juga dapat berkembang dengan pesat.
Makanan ringan bisa berupa snack, keripik, kerupuk, dan lainnya. Tapi kali ini kami mencoba membuat salah satu dari makanan ringan itu, yaitu rempeyek melasau ala sulyanda, atau rempeyek berbagai rasa. Rempeyek pada umumnya hanya mengandalkan rasa alami dari rempeyek tersebut, tapi untuk kali ini kami membuat rempeyek dengan berbagai rasa, seperti rempeyek bumbu balado yang telah kami coba dalam pembuatannya. Meski usaha ini termasuk dalam skala rumahan tetapi banyak usaha rumahan yang menjadi besar. Apalagi jenis makanan ringan kami belum pernah ditemukan dimanapun.
Peminat makanan ringan ini yaitu semua elemen, baik dari kalangan yang mampu maupun yang kurang mampu, tua atau muda, serta pria ataupun wanita. Sehingga kami sebagai salah satu produsen makanan ringan akan selalu berinovasi dan berkreasi setiap waktu untuk membuat bisnis makanan ringan kami menjadi lebih berkembang.










BAB III
ANALISIS INDUSTRI

A.    Perspektif Masa Depan

Usaha kami adalah usaha makanan ringan, jadi dalam jangka waktu yang lama kami yakin usaha kami akan tetap berjalan dengan lancar serta maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan makanan ringan dikalangan masyarakat sangat tinggi. Maka kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik atas produk kami. Kami pun berharap usaha kami ini terus berkembang hingga kemasa depan.


B.     Persaingan

Di Pontianak pasti banyak yang menjual rempeyek, tetapi hanya rempeyek yang pada umumya. Yang membedakan rempeyek buatan kami dengan buatan produsen lainnya adalah dirasanya. Jika produsen lain hanya membuat rempeyek yang rasanya asli, tetapi rempeyek buatan kami ada berbagai jenis pilihan rasa. Mungkin kami akan merasa tersaingi karena kami sebagai pengusaha pemula dalam bidang makanan ringan. Tetapi kami akan terus berkreasi dan berinovasi agar persaingan tidak mendekat kepada diri kami.
Adapun persaingan dari produk kami adalah para pengusaha yang bergerak dibidang yang sama yaitu rempeyek, terutama para pengusaha yang sudah mampu menarik perhatian para konsumen. Oleh karena itu, untuk menekan persaingan yang berat, kami harus bisa memproduksi sebuah produk yang lebih menarik dan berkualitas. Dan kami yakin, kami bisa mengatasi persaingan ini.




C.     Segmentasi Pasar Yang Akan Dimasuki
Paramenter keberhasilan dalam berbisnis salah satunya ditentukan oleh segmentasi dan target pasar yang baik. Salah satu dimensi yang dipandang memiliki peranan utama dalam menentukan segmentasi pasar adalah variabel-variabel yang terkandung dalam segmentasi itu sendiri.
a.       Geografi
Kebanyakan produk-produk makanan ringan cocok untuk seluruh daerah di Indonesia. Apalagi untuk cemilan sambil nonton tv atau bersantai. Produk ini cocok bagi segala keadaan geografis, dan banyak dikonsumsi disemua kalangan.

b.      Demografi
Produk kami ini memilih segmentasi pasar pada semua usia kecuali bayi/balita yang belum bisa mengunyah makanan dengan sempurna tetapi lebih kepada usia remaja. Dimana usia remaja ini sering melakukan pertemuan atau hanya sekedar ngumpul-ngumpul saja. Mereka akan ngobrol sambil makan beberapa makanan ringan. Dengan rempeyek kami ini sangat cocok untuk hal seperti itu.














BAB IV
DESKRIPSI USAHA

A.    Produk

Produk yang kami buat ini merupakan makanan ringan, berupa rempeyek kacang tanah dengan berbagai jenis rasa. Mayoritas orang pecinta keripik sangat menyukai jenis makanan yang satu ini. Tetapi kebanyakan dari mereka mengatakan pembuatan rempeyek ini begitu sulit. Memang jika dilihat dari resepnya, bumbu-bumbu yang digunakan sangat banyak ditemukan dipasaran mana saja. Namun sebenarnya tidak susah didapat karena semuanya merupakan bumbu-bumbu dapur standar saja. Hanya saja sedikit rumit adalah menjaga adonan yang digoreng dapat setipis mungkin. Adonan yang tebal saat digoreng mungkin tidak matang bagian tengahnya.
 Harga produk kami ini murah tetapi tidak murahan, karena harga yang kami tawarkan sangat sesuai dengan kantng mahasiswa. Dan murah juga bagi para konsumen tentunya.

B.     Manajemen

Dalam pengembangan produk ini, kami hanya bertiga. Jadi manajemen kami susun bersama-sama. Adapun bagian-bagiannya, yaitu sebagai berikut :
1.      Pembuat Produk                                       : Fertiana Rahmayani
2.      Penanggung Jawab Pemasaran                 : Sulastri
3.      Penanggung Jawab Produksi                    : Linda Priyanti






C.     Jasa Pelayanan

Kami menjual produk ini ditoko-toko/rumah makan. Karena kami belum memiliki tempat usaha untuk menjualkan produk kami, jika ingin menyewa sebuah tempat modal yang kami miliki belum cukup seutuhnya. Maka dari itu kami mengumpulkan keuntungan dari produk yang kami jual untuk menyewa ataupun membuat tempat untuk membuka usaha rumahan kami ini.
Kami juga menerima keluhan dari konsumen, seperti rempeyek yang sudah melempem, rempeyek yang hancur ataupun rempeyek yang tidak renyah, kami akan menggantinya gratis tapi jika itu semua murni kesalahan dari kami. Dan apabila ada konsumen yang ingin memesan dalam stok banyak, kami akan datang langsung kerumah konsumen tersebut dan mengantarkan sendiri pesanannya.
















BAB V
RENCANA PRODUKSI

A.    Sumber Bahan Baku

Sumber bahan baku kami sangat mudah ditemukan di pasaran mana saja, terutama didaerah kami sendiri. Sehingga kami tidak akan sulit mencari bahan baku untuk pengolahan produk kami. Bahan membuat rempeyek untuk satu kali produksi.
a.      Bahan yang dihaluskan

1.      Bawang putih 7 siung
2.      Daun jeruk purut sesuai selera
3.      Kencur 9 buah (untuk ukuran kecil)
4.      Kemiri 7 buah
5.      Sahang secukupnya
6.      Ketumbar secukupnya

b.      Bahan yang dicampurkan

1.      Tepung beras 1 bks
2.      Tepung kanji secukupnya
3.      Air kapur secukupnya
4.      Telur 2 butir
5.      Air secukupnya
6.      Kacang tanah 250 gram
7.      Garam secukupnya

c.      Bahan untuk menggoreng

1.      Minyak goreng 1 kilogram



d.      Bahan untuk membumbui

Bumbu balado secukupnya


B.     Perlengkapan

Perlengkapan yang digunakan dalam pembuatan rempeyek adalah sebagai berikut :
1.      Baskom
2.      Ulekan/tumbukan/cobek
3.      Pisau
4.      Wajan/kuali besar
5.      Peniris gorengan
6.      Penggorengan
7.      Penjepit gorengan
8.      Kompor
9.      Gas
10.  Nampan besar
11.  Palstik Ukuran 10 x 20 cm

C.     Proses Produksi

Cara membuat rempeyek berbagai rasa:
1.         Haluskan sahang dan ketumbar terlebih dahulu, jika sudah halus dilanjutkan dengan bawang putih, daun jeruk purut, kemiri dan kencur hingga semua halus.
2.         Campurkan tepung beras, tepung kanji, telur, air kapur, air, dan bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercampur rata.
3.         Jangan diberi garam ataupun penyedap rasa lainnya.
4.         Masukkan sebagian kacang tanah kedalam adonan rempeyek, sisakan sedikit kacang tanah untuk ditambahkan saat kita menggorengnya.
5.         Panaskan minyak goreng.
6.         Masukkan setiap satu sendok kedalam wajan saat menggorengnya, usahakan rempeyek tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.
7.         Jika sudah cukup, tambahkan balado untuk rempeyek yang sudah selesai digoreng dan ditiriskan.
8.         Setelah merasa cukup untuk membuat rempeyek balado, barulah kita bisa menambahkan garam  dan penyedap rasa untuk menambahkan rasa pada rempyek agar rempeyek terasa seperti rempeyek pada umumnya.
9.         Goreng seperti tadi, tetapi tidak ditambahkan balado. Karena rempeyek yang digoreng sudah ada rasanya. Jadi cukup ditiriskan saja.





















BAB VI
RENCANA PEMASARAN

A.    Penetapan Harga

Kami memberi harga untuk satu bungkus rempeyek yang dibungkus dengan plastik ukuran 10 x 20 cm dengan harga Rp, 3.000. Dalam satu minggu dua kali produksi sebanyak 80 bungkus.  Jika diproduksi 8 kali dalam 1 bulan akan menghasilkan 320 bungkus.
           
B.     Pelaksanaan Distribusi

Jenis makanan ringan ini memiliki dua sistem distribusi yaitu distribusi tak langsung dan distribusi langsung. Disebut distribusi langsung karena kami langsung mengantarkan pesanan produk ke konsumen. Adapun juga sistem distribusi tak langsung adalah penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara.
Beberapa perantara yang terlibat alam kegiatan jual beli ini, seperti pedagang, agen, makelar, dan komisioner. Seperti halnya dengan usaha rempeyek kami ini, kami menjual produk ini melalui perantara. Dengan menitipkan produk kami pada toko-toko ataupun rumah makan.

C.     Promosi

Promosi yang kami lakukan dengan beberapa cara yaitu, via online, brosur, dan mendatangi konsumen, menjual ditoko-toko.

a.       Via Online
Pemasaran via online bisa dilakukan dimedia social, seperti BBM, Facebook, Twitter, Blog dan Website.



b.      Brosur
Kami bisa memberikan brosur dalam kemasan rempeyek kami, sehingga mereka akan bisa memesan langsung kepada kami.
Berikut contoh brosur yang sudah  kami design khusus untuk usaha kami 


c.       Mendatangi Konsumen
Kami akan memberi kesempatan pada konsumen untuk mencoba produk yang kami buat. Jika mereka tertarik mereka pasti akan membeli produk kami, apalagi produk kami sangat jarang dijual.

d.      Menjual Ditoko-toko
Biasanya ditoko atau dirumah makan, tidak pernah luput dengan makanan ringan. Maka dari itu kami akan mencoba menitipkan produk kami ditoko atau rumah makan.




D.    Pengembangan Produk

Sebagai pengusaha kami harus mampu terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk yang kami kembangkan. Kami akan terus berusaha untuk berkreasi  dan terus berinovasi dengan produk yang kami kembangkan saat ini. Untuk selanjutnya kami akan mengkreasikan rempeyek ini menjadi berbagai macam jenis dan berbagai pilihan rasa.
Produk makanan ringan kami juga bisa dijadikan sebagai jamuan khas lebaran yang simple, jadi kami bisa menerima pesanan  lebaran untuk konsumen jika ada yang memesan produk kami saat dibulan puasa untuk dijadikan sebagai jamuan lebaran. Dengan rempeyek berbagai rasa yang khas pasti sedikit banyaknya akan ada konsumen yang tertarik dengan produk kami.
Tidak hanya kacang tanah, rempeyek ini juga bisa dikombinasikan dengan kacang kedelai, kacang hijau, bayam, dan lain sebagainya.


















BAB VII
RESIKO USAHA

Usaha yang kami buat ini tentu saja memiliki kelemahannya, karena segala sesuatu pasti memiliki resiko yang harus ditanggung. Tergantung bagaimana kita mengatasinya. Rempeyek ini begitu renyah dan gurih, maka dari itu kami harus menjaga kerenyahan rempeyek kami agar tidak mudah hancur. Jika mengantarkan pesanan kami harus membawanya dengan hati-hati. Karena makanan ringan ini rentan sekali hancur. Itulah yang menjadi kelemahan diusaha bisnis yang kami kembangkan.
            Begitu juga dengan kegurihannya, kami juga harus menjaga rempeyek tersebut harus tetap gurih dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu kami harus menjaga kemasannya agar rempeyek tidak akan melempem.



















BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN

A.    Penyeksi Aliran Kas
1.      Biaya Operasional
           
Ø   Tepung Beras (1 bks)                             : Rp. 6.500
Ø   Tepung kanji/tapioka (1 ons)                  : Rp. 2.000
Ø   Minyak Goreng  (1 kg)                          : Rp. 11.000
Ø   Kacang Tanah    (250 gr)                       : Rp. 5.500
Ø   Bawang putih (1 ons)                             : Rp. 3.000
Ø   Telur (2 btr)                                            : Rp. 2.700
Ø   Bumbu Balado                                       : Rp. 6.000
Ø   Garam (1bks)                                         : Rp. 1.000
Ø   Kemiri                                                    : Rp. 2.000
Ø   Kencur                                                   : Rp. 1.000
Ø   Sahang                                                   : Rp. 2.000
Ø   Ketumba            r                                               : Rp.   500
Ø   Kapur                                                     : Rp.   500
Ø   Daun jeruk purut                                    : Rp.   500
Ø   Gas (20.000 : 8 hari)                              : Rp. 2.500
Ø   Plastik (ukr 10 x 20 cm)                         : Rp. 7.000
Ø   Brosur (100 lmb)                                    : Rp. 60.000
                           Jumlah                       : Rp. 111.000

2.      Pendapatan Perbulan
Produksi 2 kali dalam 1 minggu = 80 bks x 3.000 = Rp. 240.000
Produksi 8 kali dalam 1 bulan = 320 bks x 3.000 = Rp. 960.000
            Jumlah pendapatan perbulan                      = Rp. 960.000




3.      Laba Bersih
Laba Bersih                             = Pendapatan – By. Operasional
                                                      = Rp. 960.000 – Rp. 111.000
TOTAL LABA / bulan         = Rp. 849.000

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Makalah Entrepreneur. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Tiada ulasan:

Catat Ulasan