Sekilas Tentang MYOB Versi 12



Kali ini saya akan mem-post Resume MYOB Versi 12, ini salah satu tugas pertama di Semester 2. Mungkin penjelasan yang saya Post ini tidak begitu jelas dan lengkap. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya... :D

 
Nama              : Fertiana Rahmayani
Kelas               : 11.2A.30
NIM                : 1114****
Mata Kuliah  : Aplikasi Komputer Akuntansi I


M.Y.O.B Premier Versi 12


A.    Sejarah Singkat MYOB
MYOB (Mind Your Own Business) dikembangkan di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (Business Management Systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. Banyak penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun 1991 sampai sekarang. Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. MYOB pada tahun itu juga memenangkan 1991 MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software. Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama di Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
Tahun 1999, saham MYOB Limited mulai diperdagangkan dipasar saham Australia dan menjadi ‘Most Successful Stock Listing’ di Australian Stock Exchange. Sampai tahun ini MYOB telah terjual sebanyak hampir 1 juta copies !!!. Di Asia, Perkembangan MYOB mengalami percepatan yang luar biasa dan diharapkan akan mendekati kecepatan perkembangan penggunaan MYOB di Australia, Amerika, Eropa, dan region lain di dunia, hal tersebut ditandai dengan berkembangnya MYOB Asia yang sekarang telah dipecah menjadi MYOB Malaysia, MYOB Singapura dan MYOB Hongkong.

B.     Kegunaan & Fungsi MYOB Bagi Perusahaan
Berikut memudahkan perusahaan dalam penggunaan MYOB :
1.      Sistem Pembukuan Terintegrasi, Memberikan Efisiensi Kerja
MYOB memberikan kemudahan dalam proses administrasi usaha dengan mengintegrasi fungsi-fungsi buku besar, keuangan, pembelian, penjualan, persediaan & pengolahan relasi, dimulai dari proses input dokumen dasar sampai pada proses laporan.



2.      Otomatisasi Pembukuan
Dalam Program MYOB banyak sekali fungsi yang dapat diatur untuk mempermudah penggunaan, salah satunya adalah otomatisasi proses pembukuan dengan menggunakan Link Account (Link Perkiraan Transaksi) yang akan mengambil alih proses pembukuan mulai dari proses penjurnalan, posting sampai penyusunan laporan dan proses analisa bahkan fungsi pengendalian operasional.

3.      Integrasi dengan Microsoft Office
MYOB juga berintegrasi dengan Microsoft Office, sehingga data/laporan akan dengan mudah dikonversi ke MS Excel untuk diolah lebih lanjut atau ke format HTML untuk pengiriman yang lebih mudah melalui internet, juga ke MS word untuk pencetakan surat (Mail Merge).

4.      Mendukung Pengguna Secara Multi User
Untuk menunjang Integrated System ini, selain digunakan secara Single-user, MYOB juga dapat digunakan secara Multi-user, sehingga data yang di-Input oleh pengguna yang satu, saat itu juga dapat digunakan oleh pengguna lainnya. MYOB dapat berjalan pada semua jenis jaringan yang populer, secara Peer to Peer atau Server-Client Network.

5.      Eksplorasi Database yang Maksimal
Dengan modul-modul Analisa, Pencarian Transaksi, Tugas (To do list) dan Fungsi Laporan dengan fungsi filtering dan designing, MYOB memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplorasi database yang ada dan menampilkannya dalam beragam format seperti : Laporan (MYOB/Excel/dll.), Form Faktur/PO, Analisa Grafis, dll. Dengan adanya modul-modul tersebut di atas, MYOB selain membantu penggunanya dalam meningkatkan efisiensi dan simplifikasi kerja, juga dalam fungsi pengendalian operasional perusahaan.

C.     Versi-versi MYOB
Terdapat tiga versi MYOB yang beredar di Indonesia, yaitu :
1.      MYOB Basic
MYOB Basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaannya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada mosul pembelian, kartu stock, laporan utang dan tidak bisa send to excel secara otomatis.

2.      MYOB Accounting
MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).

3.      MYOB Premier
MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.

D.    Perbedaan MYOB Accounting dengan MYOB Premier
Ada perbedaan tampilan preferensi sistem antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting. Perbedaan tersebut dikarenakan ada beberapa pilihan yang dihilangkan di MYOB Accounting dan keterbatasan akan software MYOB Accounting dibandingkan dengan MYOB Premier.
Versi terakhir untuk MYOB Accounting adalah Versi 18, sedangkan MYOB Premier adalah Versi 12. Versi baru tersebut memberikan beberapa tambahan fitur baru dan kelebihan MYOB dibandingkan versi sebelumnya. Beberapa hal baru tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Tampilan menu pembuka
2.      Tampilan Help Index yang lebih lengkap
3.      Editing di transaksi Pay Bill yang sudah di Record
4.      Editing di transaksi Receive Payment yang sudah di Record
5.      Lock Period yang fleksible (berdasarkan tanggal)
6.      Tombol Password digantikan dengan User’s ID
7.      Fasilitas Spelling (dalam bahasa Inggris)
8.      Tambahan pilihan Search by untuk Item List, Card File, Location List dan Activities List
9.      Laporan pengelompokan Item berdasarkan Item dan Location
10.  Preview cetakan form untuk Purchase Order, Invoices, Payment (Cheque) dan Receive
11.  Customise Form Statements dan Remittance Advices dengan field yang ditambahkan lebih lengkap
12.  Tambahan Access Undo Reconciliation di User Access Preferences
Secara singkat perbedaan mendasar yang sangat penting yang harus diketahui pada penggunaan MYOB Accounting dengan MYOB Premier, adalah sebagai berikut:
MYOB Accounting :
1.      Single User (hanya dapat digunakan Satu User)
2.      Single Currency (hanya dapat menggunakan Satu Mata Uang)
MYOB Premier :
1.      Multi User (Banyak Pengguna, lebih dari satu user ) maksimal 25 User
2.      Multi Currency (Lebih dari satu mata uang)


E.     Modul (fitur) yang disediakan oleh MYOB Premier Versi 12
MYOB dibuat sebagai gabungan beberapa modul yang disajikan dalam satu paket. Beberpa modul (fitur) gabungan yang disediakan oleh MYOB Premier yang kemudian digabung salah satu form yang disebut dengan Command Centre, adalah sebagai berikut :
1.      Acoount (buku besar)
Dalam menu Account berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Account List, digunakan untuk fasilitas mencatat nama perkiraan pada buku besar.
b.      Sent to accountant
c.       Record Journal Entry, digunakan untuk mencatat transaksi jurnal umum.
d.      Transfer money
e.       Company data auditor
f.       Transaction Journal, digunakan untuk melihat hasil transaksi jurnal umum.

2.      Banking
Fasilitas ini banyak digunakan untuk mencatat  segala transaksi (biasanya dalam bentuk cek) yang berkaitan dengan pemasukkan dan pengeluaran yang tidak ada kaitannya dengan transaksi pembelian dan penjualan yang dicatat melalui modul Purchases dan Sales. Dalam menu Banking berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Spend Money, digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran dari bank guna keperluan usaha selain transaksihutang dagang.
b.      Bank Register, digunakan untuk melihat mutasi setiap kas dibank dan dapat menambahkan transaksi perbankan.
c.       Revice Money, digunakan untuk mencatat transaksi menerima uang selain dari pelanggan.
d.      Print Cheques, digunakan untuk mencetak cek yang telah dibuat.
e.       Reconcile Accounts, digunakan untuk melakukan rekonsilisasi bank secara manual.
f.       Print Receipts
g.      Print/Email Remittance Advices
h.      Transaction Journal, digunakan untuk melihat transaksi yang dibuat melalui banking.
i.        Prepare Bank Deposit, digunakan untuk meyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana dari cek.

3.      Sales
Fasilitas ini digunakan untuk mengakses segala aktivitas yang berkaitan dengan penjualan. Dalam menu Sales berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Sales Register, digunakan untuk melihat transaksi yang telah dibuat dengan status seperti Quote (permohonan), Order (pesanan), Open Invoice (saldo awal), Retur & Debits (retur penjualan), dan sebagainya.
b.      Enter Sales, digunakan untuk mencatat transaksi penjualan, dengan formulis faktur.
c.       Receive payments, digunakan untuk mencatat penerimaan uang dari pelanggan sehubungan dengan transaksi penjualan barang dagang.
d.      Print/email statements, digunakan untuk mencetak pernyataan (keterangan) sehubungan dengan transaksi penjualan.
e.       Print/email invoices, digunakan untuk mencetak faktur penjualan yang telah dibuat.
f.       Transaction journal, digunakan untuk melihat transaksi penjualan yang telah dibuat.
g.      Print receipts

4.      Time Billing (Penjualan Jasa)
Fasilitas ini digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan yang diukur dengan satuan tertentu. Dalam menu Time Billing berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Activities List, digunakan untuk mencatat daftar jasa/servicr yang dijual pada customer atau akan dipakai dalam perusahaan itu sendiri.
b.      Enter Activity Slip, digunakan untuk membuat slip transaksi atas pengguna jasa/service tersebut.
c.       Activity Log, merupakan form kumpulan dari Activity Slip yang menunjukkan suatu yang telah dilakukan dengan tampilan per Diary View sata detail view.
d.      Prepare Time Billing Invoice, digunakan untuk proses pengambilan data dari Activity Slip, dipilih beberapa slip yang sudah selesai dikerjakan dan siap untuk dikirim tagihan (invoice).
e.       Transaction journal, untuk menampilkan jurnal transaksi pembayaan dari pelanggan.

5.      Purchases
Fasilistas ini digunakan untuk mengakses segala hal yang berkaitan dengan pembelian. Dalam menu Purchases berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Purchases Register, digunakan untuk melihat transaksi yang telah dibuat dengan status Quote (permohonanpembelian), Order (pesanan pembelian), Open Bills (Saldo awal pemasok), Return & Debits (retur pembelian).
b.      Enter Purchases, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian.
c.       Pay Bills, digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran hutang pada pemasok sehubungan dnegan transaksi pembelian barang dagang.
d.      Print/email Purchases Orders, digunakan untuk mencetak pesanan pembelian.
e.       Print Cheques, digunakan untuk mencetak cek sehubungan dnegan pembayaran hutang pada pemasok.
f.       Transaction Journal, digunakan untuk melihat transaksi pembelian yang telah dicatat.
g.      Print/email Remittance Advices

6.      Invectory
Dalam menu Invectory berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Build Items
b.      Items register
c.       Adjust invectory, digunalan untuk menyesuaikan barang yang ada digudang baik barang dagang, perlengkapan ATK.
d.      Auto-build Items, digunakan untuk mencatat menggabungkan beberapa barang menjadi satu sesuai dengan daftar item build.
e.       Item list, digunakan untuk mencatat nama persediaan barang dagang dan harga jual barang dagang.
f.       Set item prices, digunakan untuk mencatat metode penilaian persediaan barang dagang LIFO (MTKP) atau Average (rata-rata).
g.      Locations
h.      Receive items
i.        Count invectory, digunakan untuk mencatat saldo awal persediaan barang dagang baik banyaknya (quantity) dan harga beli (cost price).
j.        Move items
k.      Transaction journal, digunakan untuk melihat transaksi persediaan barang dagang.

7.      Card File
Fasilitas ini digunakan untuk mencatat data nama dan alamat customer (pelanggan). Dalam menu Card File berisi sub-menu sebagai berikut :
a.       Card list, digunakan untuk melihat transaksi persediaan barang dagang.
b.      Contact log, digunakan untuk mencatat keterangan dialog kepada pelanggan, pemasok, pegawai.
c.       Print mailing labels, digunakan untuk mencetak nama pelanggan dan pemasok, dan pegawai.
d.      Create personalised letters

8.      Analyst section
Menyediakan empat kelompok analisa tentang apa yang harus dilakukan (To do list), pencarian transaksi (find transactions), laporan (reports) dan analisa (analysis).

9.      Bar menu
Kumpulan dari beberapa menu yang ada di MYOB mulai dari pembuatan file baru sampai tampilan layar dimonitor (windows).




Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Sekilas Tentang MYOB Versi 12. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Tiada ulasan:

Catat Ulasan