Regresi dan Korelasi Sederhana

Sedikit penjelasan singkat tentang Regresi dan Korelasi Sederhana.. :) Permohonan maaf untuk yang baca, karena info yang diberikan kurang lengkap :) terima kasih sudah membaca :)


A.   Regresi dan Korelasi
      Regresi dan Korelasi adalah suatu cara yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel   dengan satu variabel lain. Jika digunakan hanya 2 variabel disebut Regresi dan Korelasi Sederhana. Jika digunakan lebih dari 2 variabel disebut Regresi dan Korelasi Ganda. Variabel yg diduga disebut variabel terika/dependent variable, dinyatakan dengan variabel y. Variabel yang menerangkan perubahan variabel terikat disebut variabel bebas/independent variable, dinyatakan dengan variabel x.

B.     Menentukan persamaan hubungan antarvariabel, langkah-langkahnya, sbb :
             i.        Mengumpulkan data dari variabel yang dibutuhkan, misalnya x sebagai variabel bebas dan y            sebagai variabel terikat/tidak bebas.
               ii.        Menggambarkan titik-titik pasangan (x,y) dalam sebuah sistem koordinat bidang.

C.   Diagram Pencar
Analsia pasangan variabel membutuhkan data yang terdiri dari 2 kelompok hasil observasi atau pengukuran. Data yang diperoleh dari berbagai bidang kegiatan yang menghasilkn pasangan observasi sebanyak n, dinyatakan sebagai (x,y). Jika pasangan observasi pengukuran (x,y) digambarkan diatas kertas berskala hitung, akan diperoleh serangkaian titik koordinat yang menghubungkan kedua hasil observasi. Penggambaran itu dinamakan Scatter Diagram (Diagram Pencar/Tebaran).
Kegunaan Diagram Pencar :
Ø  Membantu menunjukkan apakah terdapat hubungan yang bermanfaat antara 2 variabel.
Ø  Membantu menetapkan tipe persamaan yang menunjukkan hubungan antara kedua variabel tersebut.
Ø  Menentukan persamaan garis regresi/mencari nilai-nilai konstanta.

D.   Analisa Regresi
Regresi berhubungan dengan peramalan dan kesalahan peramalan. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh satu variabel bebas atau lebih terhadap satu variabel tidak bebas (terikat).  Persamaan regresi (penduga/perkiraan/peramalan) dibentuk untuk menerangkan pola hubungan variabel-variabel. Persamaan garis regresi linier sederhana untuk sampel : Ŷ = a + bX , yang diperoleh dengan menggunakan Metode Kuadrat Terkecil. Maka rumus yang diperoleh :








Keterangan :
y : variabel terikat/tidak bebas
x : Variabel tidak terikat/bebas
a : perpotongan garis regresi dengan sumbu y
b : koefisien regresi/kemiringan dari garis regresi

E.   Analisa Korelasi Sederhana
Korelasi adlaah pengukuran hubungan antara variabel. Analisa Korelasi  digunakan untuk mengukur kekuatan keeratan hubungan antara 2 variabel melalui sebuah bilangan yang disebut koefisien korelasi. Koefisien Korelasi Linier (r) : suatu angka yang menunjukkan tinggi rendahnya derajat hubungan antara dua variabel.
Maka rumus yang diperoleh :
 


Keterangan :
r = nilai koefisien korelasi
x = jumlah variable x
y = Jumlah variable y
xy = hasil perkalian variable x dan y
(∑x2) = jumlah kuadrat dari variabel x
(∑y2) = jumlah kuadrat dari variable y
n =   jumlah banyaknya data
Note :
v  Jika nilai r mendekati +1 atau r mendekati -1 maka x dan y memiliki korelasi linier yang tinggi.
v  Jika nilai r = +1 atau r = -1 maka x dan y memiliki korelasi linier yang sempurna.
v  Jika nilai r = 0 maka x dan y tidak memiliki relasi (hubungan) linier.

F.           Koefisien Determinasi (r2)
Dalam analisis regresi, koefisien korelasi yang dihitung tidak untuk diartikan sebagai ukuran keeratan hubungan variabel bebas (x) dan variabel terikat (y), sebab dalam analisis regresi asumsi normal bivariat tidak terpenuhi. Nilai koefisien determinasi adalah antara 0 (nol) dan 1 (satu).  Untuk itu, dalam analisis regresi agar koefisien korelasi yang diperoleh dapat diartikan maka dihitung indeks determinasinya, yaitu hasil kuadrat dari koefisien korelasi :  
r²  = (rxy

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Regresi dan Korelasi Sederhana. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Tiada ulasan:

Catat Ulasan