Remaja dan Pergaulan Bebas


Masa Remaja adalah masa yang paling berseri. Dimana, masa remaja itu juga adalah proses pencarian jati diri. Dan, disanalah para remaja banyak yang terjebak dalam pergaulan bebas.
Karena mempunyai keingintahuan yang tinggi, remaja-remaja itu bisa bertinak bebas semaunya tanpa memikirkan dampak-dampak yang akan mekera terima nantinya.
Contoh dari akibat pergaulan bebas dapat kita lihat disekitar kita, yaitu :
1.      Hamil tanpa ikatan pernikahan
2.      Kecanduan Narkoba/zat adiktif lainnya
3.      Seks Bebas
4.      Minuman keras
Seperti yang sudah kita ketahui hamil tanpa ikatan pernikahan atau biasa disebut hamil diluar nikah sudah menjadi tren di tahun lalu hingga di tahun 2012 ini. Apalagi pelaku utamanya adalah remaja-remaja yang masih sekolah. Tentunya tidak semua orang tua bisa mempersiapkan mentalnya ketika mendengar anaknya hamil tanpa ikatan pernikahan.
Terkadang terlintas dipikiran remaja itu untuk menggugurkan kandungannya (aborsi). Tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi pada dirinya dengan melakukan aborsi tersebut.
Kecanduan narkoba/zat adiktif lainnya sudah merembet di kalangan mana saja. Terutama dikalangan remaja, narkoba sudah sangat dikenal oleh mereka. Sebagian besar narkoba banyak disalahgunakan oleh remaja.


Contoh penyalahgunaan narkoba adalah sebabai berikut :
1.      Kegagalan yang dialami dalam kehidupan (tidak memiliki rasa percaya diri, kurangnya perhatian dari keluarga, dan broken home)
2.      Pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat (teman, keluarga , dan lingkungan menjadi peran penting untuk tidak terpengaruh Narkoba)
3.      Kurangnya siraman agama
4.      Keinginan untuk sekedar mencoba
Kenakalan remaja-remaja belakangan ini sering kita lihat, terutama remaja-remaja di kota-kota besar yang sangat memprihatinkan sekali. Semua ini bukan hanya disebabkan oleh remaja itu sendiri namun banyak faktor yang membuat mereka melakukan seks bebas.
Contoh-contoh faktor yang membuat remaja melakukan seks bebas :
1.      Orang tua (kurangnya bimbingan, pengawasan, dan otoriter)
2.      Lingkungan/teman
3.      Uang (Apa yang harampun dihalalkan)
4.      Iman yang lemah
5.      Ketagihan/kecanduan
6.      Pacaran
Bukan hanya fakto-faktor  itu saja yang dapat mempengaruhi remaja untuk melakukan seks bebas, masih banyak faktor-faktor lainnya. Jika ada faktor untuk melakukan, pastinya ada juga akibat-akibat bagi remaja-remaja yang melakukan seks bebas.
Contoh dari akibat seks bebas adalah sebagai berikut :
1.      Terserang HIV/AIDS
2.      Menciptakan kenangan buruk
3.      Mengakibatkan kehamilan
4.      Menggugurkan kandungan (aborsi)
5.      Timbulnya rasa ketagihan
Adapun cara untuk menghindari seks bebas, yaitu :
1.      Menguatkan siraman agama
2.      Pencegahan seks bebas dalam keluarga
Minuman keras (Miras) memang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, terutama dikalangan remaja. Remaja yang mengkonsumsi  minuman keras rata-rata dilakukan oleh remaja laki-laki, dengan alasan untuk melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapinya. Begitu juga dengan remaja perempuan, sewaktu-waktu bisa saja mengkonsumsi miras karena beralasan sama.
Akibat minuman keras (miras) adalah sebagai berikut :
1.      Merusak syaraf
2.      Penyakit jantung
3.      Meningkatkan kemiskinan
4.      Gairah seksual menurun
5.      Turunnya tingkat kesadaran
6.      Gangguan terhadap janin

Ditulis Oleh : Unknown

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Remaja dan Pergaulan Bebas. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Tiada ulasan:

Catat Ulasan